SPWI 2015 : Alokasi Gas Bumi dalam Industri dan Transportasi Indonesia


Ikatan Mahasiswa Teknik Industri Fakultas Teknik (FT) UI menggelar Seminar Pengembangan Wawasan Industri atau SPWI ke 16, dengan mengusung tema “Uncovering The Value Chain of Natural Gas Economy”. Acara ini berlangsung di Wisma Makara UI pada (28/2).

SPWI 2015 menghadirkan beberapa pembicara seperti Widhyawan Prawiraatmadja dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Danny Praditya selaku Direktur Utama PT. Gagas Energi Indonesia, Thomas Nurhakim dari Autogas Indonesia, Robby Renaldi dari APCNG, serta Dana Sudjana selaku Direktur PT. Pupuk Kujang.

Permintaan akan kebutuhan energi di Indonesia masih sangat besar. Namun, ketersediaan minyak bumi semakin berkurang. SPWI 2015 mencoba mengkaji strategi-strategi baru untuk memenuhi kebutuhan energi di Indonesia. Bahwa, dengan strategi yang tepat dan efisien, gas bumi sebagai salah satu sumber energi, dapat secara optimal dialokasikan pada sektor industri dan transportasi. Strategi tersebut diprediksi akan memberikan keuntungan bagi Indonesia.

Widhyawan Prawiraatmadja mengatakan, “Industri begitu masif, hingga kebutuhan akan energi juga besar. Efisiensi menjadi penting. Kita pastikan generasi penerus kita nanti bisa menggunakan energi yang berkesinambungan. Kebutuhan energi harus bisa dipenuhi dengan memastikan infrastruktur, mengurangi ekspor, dan meningkatkan gas  sebagai penggerak perekonomian,” jelasnya.

Tahun ini, selain di isi oleh tiga sesi seminar, SPWI 2015 mengadakan pula kompetisi esai pada bulan Oktober 2014 lalu, serta pameran dari perusahaan-perusahaan gas nasional di Indonesia.

Sumber
Share on Google Plus

About Admin

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.